Thursday, October 25, 2012

INFOSHOP ?

Infoshop adalah sebuah perpaduan antara toko buku radikal dan tempat penyimpanan arsip-arsip pergerakan. Aktivis-aktivis pergi ke tempat tersebut untuk sekedar membaca atau membeli literatur pergerakan, membeli stiker, masker dan cat semprot, menghadiri pertemuan, diskusi atau pemutaran film dan bahkan untuk sekedar nongkrong saja.

Infoshop merupakan sebuah pemandangan yang umum di Eropa, terutama sekali di Jerman yang telah memiliki lebih dari 60 buah infoshop. Mereka membentuk sebuah desentralisasi jaringan informasi, mendistribusikan majalah-majalah, selebaran dan sebagainya kepada para aktivis lokal serta menyediakan beragam informasi aktivitas lokal kepada infoshop lainnya.

Banyak sekali literatur diproduksi oleh infoshop dan didistribusikan via jaringan kerja infoshop ini. Ketika komunikasi yang krusial (penting dan mendesak) dibutuhkan, misalnya terjadi gonjang-ganjing di sebuah negara atau terjadi serangan dari kaum fasis, maka sebuah infoshop dapat segera melakukan kontak via telepon atau fax kepada infoshop lain untuk memohon bantuan atau melakukan mobilisasi aktivis lokal.

Jaringan kerja (network) dari infoshop merupakan bagian penting dari otonomi pergerakan kaum kiri di banyak negara di Eropa. Infoshop-infoshop tersebut melakukan pertemuan sebanyak dua kali dalam setahun di Eropa. Dalam pertemuan antar kolektif infoshop ini mereka saling memperbincangkan apa yang masing-masing mereka lakukan, saling bertukar informasi serta mendiskusikan teori dan strategi.

Kebanyakan infoshop menyewa sendiri tempat mereka, namun banyak juga yang menduduki gudang/gedung yang tidak dipakai lagi (squatting). Sementara yang lainnya menggunakan sebagian dari kafe atau tempat lain. Beberapa infoshop dikelola oleh sebuah kolektif, sementara yang lainnya memiliki kelompok yang bergantian tiap harinya untuk mengelola infoshop. Banyak infoshop yang memiliki hari/minggu/bulan khusus perempuan (women-only day).

Selain mengelola infoshop, banyak juga kelompok lain yang menggunakan infoshop ini sebagai tempat rapat dan juga sebagai alamat surat-menyurat. Yang terakhir disebut biasanya amat berguna bagi pertimbangan keamanan. Daripada menggunakan alamat pribadi, yang bisa membahayakan karena dapat di-represi oleh kaum fasis dan kepolisian, kelompok tersebut biasanya memiliki kotak surat di infoshop. Jika kelompok tadi mengalami masalah karena surat-surat mereka sudah lebih dulu dibuka atau dicuri, maka mereka dapat menggunakan amplop dobel: alamat yang didalam ditujukan bagi kelompok tersebut dan alamat luar ditujukan bagi infoshop.

Infoshop juga memainkan peran yang amat penting disini. Dengan banyak beredarnya terbitan-terbitan dari kaum anarkis dan kaum kiri, maka tak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Infoshop-infoshop tersebut biasanya banyak menerima media cetak pergerakan, ini tentunya akan banyak membantu informasi bagi pergerakan itu sendiri. Infoshop juga dapat dilengkapi dengan telepon, mesin faks atau komputer yang dapat memudahkan serta mempercepat komunikasi antar kelompok. Infoshop juga memegang peran sebagai sentral pergerakan, pembentuk komunitas serta memfasilitasi aksi. (wendi)

Artikel ini pernah dimuat sebelumnya di :

Slingshot
700 Eshleman Hall
Berkeley, CA 94702

No comments:

Post a Comment